Peran bahasa dan multimedia sangat vital dalam penulisan dan pembelajaran karya ilmiah, seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat dan canggih. Sampai dengan sekarang pun multimedia masih terus dikembangkan untuk mempermudah pembelajaran karya ilmiah yang efisien dan efektif dengan multimedia yang beraneka ragam, seperti : animasi, suara, komputer, video dll. Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

Saat ini penulis sangat dipermudah dengan bantuan multimedia sebagai interpretasi dan media untuk mempublikasikan penulisan karya ilmiahnya. Bahasa dipakai menjadi acuan dan media pengecekan untuk fasilitas multimedia supaya mempunyai bahasa yang baku dan sesuai EYD dalam penulisan dan pembelajaran, karena sudah semestinya sebuah karya ilmiah menggunakan bahasa yang jelas, tepat dan lugas.

Seringkali multimedia membawa dampak negatif dalam karya ilmiah yang disebabkan pemakaian bahasa yang tidak baku dan informasi yang tidak benar. Penggunaan multimedia dalam penulisan dan pembelajaran karya ilmiah juga sering di salahgunakan dengan hal-hal yang negatif oleh karenanya harus ada security untuk mencegah hal tersebut, terutama pada proses pembelajaran ilmiah pada anak-anak pada masa yang akan datang.

Jadi disini bahasa dan multimedia dipakai sebagai media untuk mempermudah proses dalam penulisan dan pembelajaran karya ilmiah di kalangan umum, adapun karya ilmiah yang dihasilkan tergantung kepada penulis dalam memberikan informasi-informasi yang ada di dalam karya ilmiah tersebut.