Pendahuluan

Kata ekonomi secara literal berasal dari dua suku kata bahasa yunani oicos dan nomos yang mengandung arti “ONE WHO MANAGES THE HOUSEHOLD”. Ilmu Ekonomi atau ekonomika atau economics adalah ilmu yang mempelajari tentang manajemen rumah tangga. Ilmu ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari tentang ilmu ekonomi, menurut Lipsey et. Al(1999). Sedangkan menurut Alfred Marshall mengartikan ekonomi adalah sebuah studi tentang manusia dalam kehidupan sehari-harinya, ini merupakan definisi yang cukup baik.

Kata lain dari ekonomika adalah sebuah studi tentang penggunaan sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dimana dalam kehidupan sehari-hari, manusia berhadapan dengan sumber daya yang terbatas. Sehingga dalam ekonomi ada konsep pilihan (choice) dan pengorbanan (opportunity cost) dalam mengatasi kelangkaan(scarcity). Manusia akan berhadapan dengan seni mengelola sumber daya yang ada dengan melakukan pilihan untuk mendapatkan manfaat dari suatu pilihan dan menghilangkan manfaat dari pilihan yang lain dalam mencapai tujuannya.

Bab 1

RUANG LINGKUP EKONOMI

  1. Pengertian Ekonomi

Ekonomi adalah sistem aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Kata ekonomi (economy) berasal dari kata Yunani oicos dan nomos,yang mengandung arti “one who manages the household”. Sedangkan ilmu ekonomi atau ekonomika atau economics adalah ilmu yang mempelajari manajemen rumah tangga tersebut.

  1. Macam-Macam Kebutuhan

Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia sejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segala sesuatunya. Untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan diperlukan pengorbanan untuk mendapatkannya.

Di bawah ini akan diberikan jenis, macam aneka ragam definisi atau pengertian dari tiap-tiap kebutuhan manusia selama hidupnya di dunia :

    1. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingan / Prioritas
  1. Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang benar-benar amat sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk dipenuhi. Contohnya adalah seperti sembilan bahan makanan pokok / sembako, rumah tempat tinggal, pakaian, dan lain sebagainya.

  1. Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi, pendidikan yang baik, pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum masuk dalam kategori mewah.

  1. Kebutuhan Tersier / Lux / Mewah

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Contohnya adalah mobil, antena parabola, pda phone, komputer laptop notebook, tv 50 inchi, jalan-jalan ke hawaii, apartemen, dan lain sebagainya.

    1. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifat.
  1. Kebutuhan Jasmani / Kebutuhan Fisik

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan badan lahiriah atau tubuh seseorang. Contohnya seperti makanan, minuman, pakaian, sandal, pisau cukur, tidur, buang air kecil dan besar, seks, dan lain sebagainya.

  1. Kebutuhan Rohani / Kebutuhan Mental

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu bagi jiwanya secara kejiwaan. Contohnya seperti mendengarkan musik, siraman rohani, beribadah kepada Tuhan YME, bersosialisasi, pendidikan, rekreasi, hiburan, dan lain-lain.

    1. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu
  1. Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang benar-benar diperlukan pada saat ini secara mendesak. Contoh adalah kebelet pipis, makan karena sangat lapar, pengobatan akibat kecelakaan, dan lain sebagainya.

  1. Kebutuhan Masa Depan

Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang dapat ditunda serta dipenuhi di lain waktu di masa yang akan datang. Contoh yaitu pergi haji, pendidikan tinggi, pahala untuk bekal akherat, membeli mobil toyota yaris terbaru, dan lain sebagainya.

    1. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subyek / Penggunanya
  1. Kebutuhan Individual / Individu / Pribadi

Kebutuhan individu adalah jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang perseorangan secara pribadi. Contohnya adalah sikat gigi, menuntut ilmu, sholat lima waktu, makan, dan banyak lagi contoh lainnya.

  1. Kebutuhan Sosial / Kolektif

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan akan berbagai barang dan jasa yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan sosial suatu kelompok masyarakat. Contohnya adalah jalan umum, penerangan tempat umum, berserikat mengeluarkan pendapat, berbisnis, berorganisasi, dan lain-lain.

  1. Bentuk-Bentuk Sistem Ekonomi

  1. Pengertian

Sistem ekonomi adalah kumpulan dari aturan-aturan atau kebijakan-kebijakan yang saling berkaitan dalam upaya memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran.

  1. Macam-Macam Sistem Ekonomi

    1. Sistem ekonomi tradisional adalah sistem ekonomi di mana kegiatan ekonominya yang masih sangat sederhana dan bersifat konvensional, ciri-ciri dari sistem ekonomi tradisional adalah sebagai berikut :
  1. Masyarakat yang hidup berkelompok secara kekeluargaan,
  2. Tanah merupakan sumber kehidupan utama,
  3. Belum mengenal adanya sistem pembagian kerja,
  4. untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan dilakukan pertukaran secara barter,
  5. macam produksi didapatkan sesuai dengan kebutuhan

    1. Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi yang dimana seluruh kegiatan ekonominya diatur oleh pusat dengan satu arahan pihak yang berwenang, ciri-ciri ekonomi komando adalah sebagai berikut :
  1. Semua sumber daya dan alat produksi sepenuhnya dikuasai oleh negara,
  2. perorangan tidak mempunyai hak milik atas alat dan sumber produksi yang ada,
  3. Kebijakan perekonomian sepenuhnya diatur oleh pusat,
  4. Pembagian kerja dalam perekonomian diatur oleh negara,
  5. pembagian kerjan untuk masyarakat ditentukan oleh negara, jadi tidak bisa memilih pekerjaan.

    1. Sistem ekonomi pasar adalah sistem ekonomi yang sepenuhnya dilaksanakan oleh wiraswasta, dan pemerintah hanya mengawasi jalannya perekonomian, ciri-ciri ekonomi pasar adalah :
  1. Sumber daya dan alat produksi yang ada dikuasai oleh swasta,
  2. Rakyat mempunyai kebebasan mengatur sumber daya dan alat produksi.
  3. Munculnya persaingan antarpengusaha.
  4. Dalam masyarakat terdapat pembagian kelompok-kelompok, yaitu pemilik faktor produksi dan pekerja / buruh.
    1. Sistem ekonomi campuran adalah gabungan dari sistem ekonomi komando dan pasar, berikut ciri-ciri ekonomi pasar.
  1. Alat produksi yang vital dikuasai oleh negara.
  2. Alat produksi yang kurang penting dikelola oleh swasta.
  3. Jalannya perekonomian dilaksanakan bersama antara pemerintah dan masyarakat.
  4. Hak milik diakui sepanjang tidak bertentangan dengan kepentingan umum.

Pustakaan

http://organisasi.org/kebutuhan_hidup_ekonomi_manusia_kebutuhan_primer_sekunder_tersier_jasmani_rohani_sekarang_masa_depan_pribadi_dan_sosial.

Ruang Lingkup Ekonomi , Rusan Nasrudin